Minggu, 06 Oktober 2013

SIFAT-SIFAT KOMUNIKASI

Hy guys, ini ada posting baru tentang sifat-sifat komunikasi. Selamat membaca ya :)


Sifat- Sifat Komunikasi

 
Berdasarkan sifatnya komunikasi dapat diklasifikasikan sebagai berikut: 
Komunikasi verbal (verbal communication)
a.       Komunikasi lisan (oral communication)
b.      Komunikasi tulisan (written communication)
Komunikasi verbal adalah komunikasi yang menggunakan simbol yang menggunakan satu kata atau lebih. Hampir semua rangsangan bicara yang kita sadari termasuk kedalam kategori pesan verbal disengaja, yaitu usaha-usaha yang dilakukan secara sadar untuk berhubungan dengan orang lain secara verbal.
Komunikasi verbal ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut :
·         Disampaikan secara lisan/bicara atau tulisan.
·         Proses komunikasi eksplisit dan cenderung dua arah.
·         Kualitas proses komunikasi seringkali ditentukan oleh komunikasi non verbal.
Ada beberapa unsur penting dalam komunikasi verbal, yaitu :
·         Bahasa
Pada dasarnya bahasa adalah suatu sistem lambang yang memungkinkan orang berbagi makna. Dalam komunikasi verbal, lambang bahasa yang dipergunakan adalah lisan atau tulisan.
·         Kata
Kata merupakan unit lambang terkecil dalam bahasa
           

Fungsi bahasa sebagai bentuk komuniakasi verbal.
Menurut Larry L Barker (Mulyna,243) bahsa memiliki 3 fungsi, yaitu :
1.      Penamaan (naming/labelling)
2.      Interaksi
3.      Transmisi informasi
Sumber : repository.usu.ac.id
File.upi.edu

Komunikasi non-verbal
 
Komunikasi non verbal adalh proses penyampaian pesan-pesan oleh seseorang yang dilakukan tidak dengan kata-kata atau bahasa verbal, melainkan melalui petunjuj-petunjuk atau tanda-tanda lain yang terjadi pada tubuh seseorang.
Komunikasi non verbal terbagi atas 2, yaitu :
a.       Komunikasi kial (gesture communication)
b.      Komunikasi gambar ( pictorial communcation)
Jenis-jenis komunikasi non verbal
Ada banyak petunjuk yang bisa diperhatikan pada seseorang untuk memahami emosi, pesan yang ingin disampaikan, atau bahkan karakter orang tersebut. Beberapa petunjuk itu antara lain :
·         Ekspresi wajah
Banyak informasi yang bisa disampaikan oleh wajah. Wajah manusia merupakan bagian tubuh yang memiliki paling banyak gerakan otot. Ekspresi wajah berfungsi dalam proses interaksi sosial spesial manusia.
·         Ekspresi mikro
Ekspresi mikro adalah wajah yang muncul hanya sepersekian detik, diakibatkan oleh emosi yang disembunyikan.
·         Gestur
Gestur adalah sinyal-sinyal yang disampaikan melalui tindakan dan gerakan bagian tubuh tertentu baik secara sadar ataupun tidak.
·         Paralinguistik
Paralinguistik merupakan aspek komunikasi yang diucapkan, namun bukan dari bahasa yang diucapkan. Faktor yang dinilai disini adalah nada suara, keras kecilnya suara, perubahan suara, dan pitch.
·         Postur
Postur merupakan sikap tubuh ketika berada dalam situasi tertentu seperti ketika sedang menunggu, berbicara, duduk, mengamati, dll.
·         Respon fisiologis
Respon fisiologis merupakan tanda non verbal yang muncul karena respon alami tubuh terhadap situasi tertentu.
·         Proksemika
Proksemika berbicara tentang jarak antarpribadi dalam percakapan, semakin dekat posisi anda maka anda semakin memasuki wilayah privat orang lain.
·         Tatapan mata
Matamerupakan bagian yanglumayan sering kita puji ketika melihat keindahan seseorang. Kita bisa melihat perasaan orang lain dari tatapan matanya saja.
·         Haptik
Haptik adalah proses komuikasi yag terjadi melalui sentuhan kepada lawan bicara.
·         Penampilan
Ketika kita memilih baju tertentu untuk dipakai, warna rambut tertentu, kita sebenarnya secara tidak sadar memilih sesuai kepribadian kita.
Komunikasi non verbal dapat berupa bahasa tubuh, tanda (sign), tindakan/prbuatan (action) atau objek (object).


Gestur
  • KAKI SETENGAH SILA MENENDANG
Ciri-ciri: Kaki yang satu diangkat ke kaki yang lainnya, kemudian digoyang-goyangkan.
Makna: (1) bosan, (2) sedang menunggu

 Komunikasi tatap muka

Komunikasi tatap muka adalah suatu bentuk komunikasi yang mempertemukan secara tatap muka pihak komunikator dan komunikan. Pesan disampaikan secara langsung dari komunikator, dan secara langsung menerima umpan balik/feedback ddari komunikan. Komunikasi tatap muka, juga disebut dengan komunikasi antarpribadi (cangara, 2004: 31)
Keuntungan menggunakan komunikasi interpersonal tatap muka adalah kita dapat melihat respon balik atau umpan balik komunikan saat melakukan proses interksi. Jika umpan balik yang diberikan bersifat positif, maka pesan kita diterima dengan baik oleh komunikan, dan sebaliknya. Kelemahannya adalah ketidakefektifan waktu. Komunikasi ini dapat dilakukan dalam tiga bentuk, yaitu : percakapan, dialog, dan wawancara.

Tujuan komunikasitatap muka
Adapun fungsi dari komunikasi antarpribadi ( tatap muka) adalah berusaha meningkatkan hubungan insani (human relation), menghindari dan mengatasi konflik-konflik pribadi, mengurani ketidakpastian sesuatu, serta berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain (cangara,2004:33)

Ciri komunikasi tatap muka.
Menurut Everet M.Rogers ada beberapa ciri komunikasi yang menggunakan saluran komunikasi tersebut :
·         Arus pesan yang cenderung dua arah
·         Konteks komunikasinya dua arah
·         Tingkat umpan balik yang terjadi tinggi
·         Kemampuan mengatasi tingkat selektivitas yang tinggi.
·         Kecepatan jangkauan terhadap audience yang besar relatif lambat.
·         Efek yang mungkin terjadi adalah perubahan sikap.


Kelebihan
·         Komunikasi lebih efektif dalam hal membujuk lawan bicara karena tanpa menggunakan media dalam penyampaian pesannya serta dapat langsung melihat reaksi dari lawan bicara.
·         Komunikasi sering dilakukan oleh semua orang dalam berhubungan dengan masyarakat luas.
·         Komunikator dapat mengetahui diri komunikan selengkap-lengkapnya. Komunikator dapat mengetahui secara psikologis komunikan yang sedang dihadapinya.
Kekurangan
·         Ketidakefektifan waktu karena komunikator dan komunikan harus bertemu dalam proses komunikasi dan menghabiskan waktu bersama disebuah tempat.
·         Selain itu tidak ada karena komunikasi tatap muka merupakan tahap-tahap yang kemudian harus dilalui sehingga antara komunikan kemudian memiliki rasa keterbukaan satu sama lain yang nantinya dapat mengembangkan atau memperluas komunikasinya.
Sumber : Repository.usu.ac.id
Enjourn/komunikasi-tatap-muka-vs-komunikasi-bermedia/

Komunikasi bermedia

Komunikasi yang menggunakan peralatan atau kegiatan yang menciptakan suatu kondisi sehingga memungkinkan seseorang memperoleh keterampilan, pengetahuan, dan sikap.

Menurut jenisnya:
  • Media Komunikasi Audio
Alat komunikasi yang dapat melalui alat pendengaran.
Contohnya : radio, telephone, tape recorder.
  • Media komunikasi Visual
Alat komunikasi yang ditangkap melalui alat penglihatan
Contohnya : surat, transparansi, chart, atau grafik.
  • Media komunikasi Audio Visual 
Alat komunikasi yang dapat dilihat dan dapat didengar 
Contohnya : televisi, VCD, layar lebar, internet, wawancara (face to face), kunjungan. 


2 komentar:

  1. kak aku mau nanya sifat sifat ilmu komunikasi ini dapat sumber dari mana ya kak , sekian terima kaksih
    salam kenal anissa 😊

    BalasHapus
  2. Kak mau nanya ni ..
    Apa saja ya sifat"komunikasi itu ,fungsi nya dan teknik ny. .

    Tolong kak beri jawaban nya

    BalasHapus